Artikel Aloherbal

Artikel Aloherbal

  • Home
  • Artikel Aloherbal
blog1
13 MEI 2024 07:00 Dilihat : 64

Efek Samping Vaksin Astrazeneca Mematikan?

Vaksin AstraZeneca disebut - sebut memiliki efek samping yang langka bahkan efek samping tersebut bisa berbahaya jika dibiarkan, Apa saja efek samping yang disebabkan oleh Vaksin Astrazeneca?, Baca lebih lanjut artikel ini

Vaksin AstraZeneca telah menjadi salah satu vaksin utama dalam upaya global untuk melawan pandemi COVID-19. Meskipun telah terbukti efektif dalam mengurangi risiko infeksi dan mencegah gejala parah, seperti vaksin lainnya, AstraZeneca juga dapat menyebabkan efek samping. Salah satu yang paling umum adalah reaksi lokal di tempat suntikan, seperti kemerahan, pembengkakan, atau rasa sakit.


Meskipun demikian, beberapa efek samping yang lebih serius namun langka juga dilaporkan setelah pemberian vaksin AstraZeneca. Beberapa di antaranya termasuk:


1. Trombosis dengan Trombositopenia Imunologis (VITT):

Efek samping yang paling serius dan langka dari vaksin AstraZeneca adalah terjadinya trombosis (pembekuan darah) dengan trombositopenia imunologis (penurunan jumlah trombosit). Ini adalah kondisi langka di mana gumpalan darah terbentuk di dalam pembuluh darah, terutama di pembuluh darah besar di otak atau di perut, yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau masalah lainnya.


2. Sindrom Kelainan Darah Jarang:

Selain VITT, beberapa individu yang menerima vaksin AstraZeneca telah mengalami sindrom kelainan darah yang jarang, seperti trombositopenia (penurunan jumlah trombosit), anemia aplastik (gangguan produksi sel darah merah), atau purpura trombositopenia trombotik (penggumpalan darah abnormal yang dapat menyebabkan kegagalan organ).


3. Reaksi Alergi Serius:

Meskipun jarang, beberapa orang telah mengalami reaksi alergi serius setelah menerima vaksin AstraZeneca, yang dapat meliputi pembengkakan wajah atau bibir, sesak napas, atau ruam kulit. Ini mungkin memerlukan perawatan medis segera.


Meskipun efek samping ini langka, penting untuk diingat bahwa manfaat vaksin AstraZeneca dalam mencegah COVID-19 dan mengurangi risiko infeksi yang parah jauh lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Pemerintah dan otoritas kesehatan setempat terus memantau dan mengevaluasi keamanan vaksin secara terus-menerus untuk memastikan bahwa manfaatnya tetap lebih besar daripada risikonya.


Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping vaksin AstraZeneca atau vaksin lainnya, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Mereka dapat memberikan informasi yang tepat tentang manfaat dan risiko vaksinasi serta membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk kesehatan Anda.


Tulis Komentar Anda

Nama