Artikel Aloherbal

Artikel Aloherbal

  • Home
  • Artikel Aloherbal
blog1
27 NOVEMBER 2023 07:56 Dilihat : 42

Mengenal Nyamuk Wolbachia

Di indonesia sedang menjadi pembahasan khalayak ramai dengan isu disebarnya nyamuk Wolbachia untuk menekan angka demam berdarah dan juga upaya menekan nyamuk Aedes aegypty.

Di indonesia sedang menjadi pembahasan khalayak ramai dengan isu disebarnya nyamuk Wolbachia untuk menekan angka demam berdarah dan juga upaya menekan nyamuk Aedes aegypty.

Dikutip dari liputan6.com, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Maxi Rein Rondonuwu menegaskan bahwa penyebaran nyamuk Wolbachia dipastikan aman.

“Penerapan teknologi nyamuk ber-wolbachia sudah melalui kajian dan analisis risiko dengan melibatkan 25 peneliti top Indonesia, dan hasilnya bagus, sudah diujicobakan di Yogyakarta sekitar 5-6 tahun lalu dan hasilnya sangat menggembirakan” kata Maxi saat menjadi pembicara dalam temu media bertajuk Mengatasi DBD Dengan Wolbachia pekan lalu.

Mari Kita mengenal nyamuk Wolbachia,
Nyamuk Wolbachia merujuk pada nyamuk yang telah diinfeksi dengan bakteri Wolbachia. Wolbachia adalah jenis bakteri intraseluler yang umumnya ditemukan pada artropoda, termasuk nyamuk. Di dunia nyamuk Wolbachia, bakteri ini dapat berperan dalam beberapa hal :

1. Pengendalian Penyakit: Wolbachia dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit menular yang ditularkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah dan virus Zika. Bakteri ini dapat menghalangi replikasi patogen di dalam nyamuk.


2. Pengendalian Populasi Nyamuk: Wolbachia dapat mempengaruhi reproduksi nyamuk. Pada beberapa spesies, bakteri ini dapat menyebabkan fenomena seperti inkompatibilitas semu (cytoplasmic incompatibility), yang menghasilkan kematian embrio jika nyamuk tidak memiliki Wolbachia atau memiliki jenis Wolbachia yang berbeda.


3. Pengembangan Strategi Pengendalian Vektor: Nyamuk yang diinfeksi Wolbachia telah diusulkan sebagai vektor kontrol alternatif untuk mengurangi populasi nyamuk yang menyebarkan penyakit.


4. Manfaat Ekologis: Wolbachia juga dapat memberikan beberapa manfaat ekologis bagi nyamuk, seperti meningkatkan kekebalan terhadap infeksi patogen lain dan berkontribusi pada ekologi mikroorganisme di dalam tubuh nyamuk.


5. Penelitian dan Pengembangan: Penelitian lebih lanjut tentang interaksi antara Wolbachia dan nyamuk dapat membuka pintu untuk pengembangan strategi pengendalian vektor penyakit yang lebih efektif dan berkelanjutan.


Nyamuk yang diinfeksi Wolbachia merupakan fokus penelitian yang intensif dalam upaya untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular yang ditularkan oleh nyamuk. Namun, implementasi praktis dari pendekatan ini masih dalam tahap pengembangan dan evaluasi.


Tulis Komentar Anda

Nama